A Job Seeker Story - Interview Samsung Electronic Indonesia

Beberapa minggu kemudian, saat saya mengecek lamaran di job-street saya, ada beberapa resume saya yang awalnya "recieved" menjadi "viewed by employer x time (s)" yang mana artinya si perusahaan sudah melihat resume atau lamaran saya. Awalnya saya belum terlalu mengerti apa itu maksudnya, ya mana tau mereka cuma melihat saja, dan nanti bila mereka tertarik, maka akan ada notifikasi undangan unutk interview di job-street saya.

Beberapa hari kemudian, ternyata ada telepon masuk, 021, nomor Jakarta. Saya terima telepon tersebut, ternyata dari HRD Samsung Electronic Indonesia dan menjadwalkan saya untuk interview. Anehnya, pihak mereka yang menanyakan kapan saya bisa untuk melakukan interview, bukan mereka yang menentukan.

Interview Pertama:

Senin (22/06), 10.00 WIB.
Samsung Electronic Indonesia terletak di Gedung TCC Batavie Tower One, lantai 22 - 25. Saat masuk lobi, susanya begitu tenang, terlihat beberapa karyawan seliweran kesana-kemari. Hanya ada saya sendiri yang menunggu, dari daftar tamu, juga hanya saya sendiri yang datang unutk melakukan interview

Setelah beberapa menit menunggu, saya pun dipersilakan masuk ke suatu ruangan. Ada dua orang yang menginterview saya. Interview berjalan lancar dan santai. Karena posisi yang saya lamar adalah Device Testing unuk perangkat mobile, jadi pertanyaan yang diajukan seputar pemahaman saya tentang dunia smarthphone dan tablet, android, rooting, flashing, dan sebagainya. Meski saya belum ada pengalaman bekerja di dunia mobile device sebelumnya, tapi saya senang sekali mengikuti perkembangan gadget. Tidak hanya itu, saya juga sering ngotak-ngatik handphone saya dan juga membantu memperbaiki smartphone teman-teman saya apabila ada masalah. Jadi saya cukup percaya diri menjawab pertanyaan dari sang interviewer.

Alhamdulillah interview pertama lancar, dan akan akan dihubungi untuk interview selanjutnya dengan user dari Singapura. Brrr, harus latihan Bahasa Inggris nih... -_-"


Interview Kedua:

Rabu (1/07), 17.30 WIB.
Beberapa hari kemudian, saya mendapat SMS dari HRD Samsung untuk interview selanjutnya. Wow cepat sekali prosesnya, kata saya dalam hati. Dan dijadwalkan  pada tanggal 1 Juli 20115, jam 17.30 WIB . IYA, SETENGAH ENAM SORE. Saya bingung, jam segitu adalah jam-jam rawan. Rawan macet, rawan aroma nafas yang 'wangi' karena berpuasa, dan rawan jam-jam berbuka puasa pastinya. Dalam pikiran saya, mungkin mereka sekalian mengundang saya untuk buka puasa bersama, hehehe.

Setelah harap-harap cemas karena perjalanan menempuh hampir satu setengah jam karena lalu lintas Jakarta yang macet, ditambah kebodohan saya yang tidak tahu cara mengoperasikan lift masa kini sehingga harus melalui lift barang. Akhirnya lima menit sebelum jadwal saya sudah duduk manis menunggu panggilan.

Ternyata saya tidak sendirian di interview kali ini. Ada dua orang lagi yang menunggu diruangan tersebut. Dan syukurnya saya mendapat giliran kedua, yang artinya masih sempat untuk berbuka puasa dulu, meski hanya dengan air putih.

Giliran saya pun tiba, kali ini ada tiga orang dengan si user yang berasal dari Singapura tersebut. Pertanyaan kali ini lebih ke seputar diri saya, mengapa berhenti bekerja di perusahaan sebelumnya, mengapa ingin bekerja di Samsung, apa kelemahan dan keunggulan diri saya, dan sebagainya. Semuanya harus dijawab dengan bahasa inggris. Dengan kemampuan ngobrol yang standar sekali ditambah lapar dan nervous, saya jawab semua pertanyaan semampu saya. Untungnya dua interviewer lainnya mau membantu saya dalam meluruskan jawaban saya.

Akhirnya selesai juga, meski belepotan, saya rasa tanggapannya positif sih. Mudah-mudahan rezeki ya... Amin..

Comments

Popular posts from this blog

Klaim Asuransi Smartphone by Tec-Protec

Trip Ke Hanoi #3 : Halo, Ha Long Bay

[Snack Time!] Mony Jelly Jus