Klaim Asuransi Smartphone by Tec-Protec



Jadi ceritanya Januari kemarin saya beli hape. Pas mau bayar, saya ditawarin untuk add-on asuransi Tec-Protec. Fungsinya kalau terjadi kerusakan akibat human error seperti jatuh atau kemasukan cairan, maka bisa di klaim dengan perlindungan 95%. Awalnya saya sempet ragu, tapi karena preminya cuma Rp. 300ribu / tahun, jadi nggak rugi-rugi amat kalau pun nggak kepake.

Singkat cerita, belum sebulan saya menimang ini hape, kejadian buruk terjadi. Hape saya rusak karena ketetesan air. Sebenarnya ketetesannya cuma sedikit, tapi karena hapenya saya pakein back case, jadi airnya merembes ke belakang dan menyebabkan airnya masuk ke dalam hapenya. 

Pertama-tama saya masih coba menanganinya sendiri dengan mengubur hapenya ke dalam beras. Dua hari dikubur, ternyata hasilnya nihil. Hape saya tidak menyala sama sekali. Akhirnya saya menyerah, dan mencoba klaim asuransi ke Tec-Protec.

Untuk klaim asuransi ini, kita harus melakukannya secara online ke website mereka. Disitu kita mengisi form klaim dan menjelaskan secara rinci runutan kejadian sehingga hape yang bersangkutan rusak. Diawal-awal saya kesulitan login, tapi setelah menelpon customer service-nya (hanya melayanai di hari dan jam kerja), akhirnya proses pengajuan klaim saya terkirim dan menunggu proses verifikasi.

Nah, proses verifikasi ini yang menurut saya terlalu lama dan tidak efektif. Setelah tiga hari mengajukan klaim (28/02), akhirnya saya mendapat email balasan dari tim CSnya. Melalui email tersebut mereka mengajukan beberapa pertanyaan dan meminta kembali menceritakan lebih rinci runutan kejadian yang menyebabkan hape rusak. Email tersebut masuk pagi hari dan langsung balas saat itu juga dengan harapan perbaikan hape bisa segera diproses.

Hari kedua (01/03). Saya mendapatkan balasan di pagi hari, dan mereka kembali mengajukan beberapa pertanyaan tambahan untuk verifikasi. Saya pun kembali menjawab pertanyaan yang diajukan pagi itu juga. Kembali berharap agar perbaikan bisa lagsung diproses minimal esok harinya. Sore hari jelang magrib, saya mendapat balasan dari mereka kalau pengajuan saya sudah verified dan menunggu proses dari underwriter mereka. Yah, ternyata hape saya masih belum bisa dibenerin sampe besok.

Satu hari, dua hari, belum ada kabar dari Tec-Protec. Saat itu saya udah lumayan bete karena respon mereka yang lama sekali. Hingga sore harinya (03/03), masuk email yang meminta saya untuk membayar excess fee (biaya perbaikan) sebesar 5% dari harga hape. Saya pun lagsung membayar, dengan harapan (lagi) hape saya bisa langsung diperbaiki esok harinya.

Ternyata tiga hari berikutnya (06/03), mereka baru membalas dan mengatakan akan melakukan penjemputan unit pada esok hari. Ini yang membuat saya makin kesal, kenapa penjemputan tidak dilakukan hari itu juga. Padahal email tersebut masuk pagi hari, dan masih ada banyak waktu untuk melakukan penjemputan. Saya balas dan meminta untuk dijemput hari itu juga, namun tidak ada balasan.

Besoknya (07/03), hape saya pun akhirnya dijemput oleh kurir untuk diperbaikin.
Tanggal 9 Maret, mereka mengemail saya. Hanya untuk menginformasikan jumlah nilai perbaikan yang sebenarnya.

Senin pagi (13/03), masuk email yang menyatakan kalau hape saya sudah selesai diperbaiki dan akan dikirim hari itu juga. Siang harinya hape pun sampai ditangan dalam kondisi 97% sehat wal afiat.
Kenapa 97% , ini dia alasanya:

Yang pertama, pemasangan backdoor yang kurang pas pada bagian fingerprint sensor. Sisi kanannya terlihat sedikit ranggang. Poin minus 3%

Yang kedua, NFC saya jadi nggak berfungsi. Entah ini juru servicenya lupa pasang atau masangnya longgar yang bikin NFCnya jadi nggak berfungsi. Poin minus 5%.
Yang ketiga, bezel metal nya jadi mulus kembali. Awalnya saya takut mereka salah kirim unit, karena seingat saya, bezel hape saya sudah ada boncel seditik diatas dan dibawah karena jatuh. Dan yang mereka kirim ini mulus sekali seperti baru. Tapi setelah saya cek IMEInya, tidak diragukan lagi itu adalah hape saya. Poin plus 5%.

Overall, saya cukup puas dengan pelayanan Tec-Protec ini, sangat bermanfaat dan benar-benar dapat dipercaya. Yang kurang menurut saya adalah prosedur verifikasinya yang prosesnya terlalu lama.  

Jadi, buat teman-teman yang beli hape di gerai-gerai resmi, saya sarankan untuk memproteksi hape kesayangannya. Preminya tidak terlalu mahal, kalau dihitung-hitung cuma Rp. 25ribu / bulan, tapi sangat bermanfaat (bukan iklan yee).

 
Kronologis #1

Kronologis #2

Kronologis #3
 
Excess Fee 5% dari harga hape

Total nilai pergantian




Comments

  1. Barusan saya browsing, banyak yang review tecprotec ini asuransi bodong, ada yang bilang prosesnya sangat lama dan review2 yang kurang baik lainnya. Kebetulan saya sedang mengajukan klaim kepada ybs. Apakah ini pengalaman pertama bapak untuk klaim di tecprotec? Selain proses verifikasi yang lama, adakah kendala lainnya saat sedang perbaikan ? Apabilah cs tidak merespon kemanakah kira2 kita dapat melaporkannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dibilang asuransi bodong sih, tidak juga. Karena kalau asuransi bodong tentu toko besar seperti Erafone mau bekerjasama dengan mereka. Tapi untuk proses verifikasi yang lama, itu saya memamg saya alami, seperti yg saya ceritakan diatas. Ini pengalaman pertama saya, dan selama perbaikan tidak ada masalah. Proses perbaikannya pun cukup singkat, hanya 2/3 hari. Setelah itu ponsel saya diantar kembali dalam kondisi sehat hingga sekarang. Bahkan perbaikannya tidak menghanguskan garansi resmi dr produsen ponsel tsb, karena perbaikan memang dilakukan di service center resmi.

      Selain melalui emaio, kalau nggak salah kita bisa langsung datangke kantornya di daerah Mampang. Untuk lengkapnya mungkin bisa lihat alamat yang ada di kartu asuransinya.

      Delete
  2. mau tanya mas, emg beneran susah ya buat login klaim nya? soalnya saya jg nyoba gagal trs saat login

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas, untuk login awal saya juga mengalami kesulitan. Saya menghubungi CSnya dahulu saat itu, dan mereka mereka menjelaskan bagaimana proses loginnya. Jadi saya sarankan untuk menghubungi CS nya terlebih dulu.

      Delete
  3. Gan, kok di suruh banyar lagi yah untuk biaya perbaikan? Padahal kan kita udah bayar pas pembelian pertama hp sudah di masukan ke dalam asuransi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Masalah bayar lagi 5% sih gak masalah,, tapi saya sudah klaim dr 4 hari kemarin masih belum ada balasan email notifikasi...
      Ini yang bikin kesel
      Prosedurnya ngga jelas..
      Apa mereka ngga pakai sistem buat verifikasi dll

      Delete
  4. gan jadinya bayarnya berapa? 5% dari 1,4 juta atau 1,4 juta semua?

    ReplyDelete
  5. maaf mas mau tanya untuk klaim asuransi tecprotect kalau lcd handphonenya yang rusak seperti handphone masnya, direset pabrik ngga ya pada saat proses repair?

    ReplyDelete
  6. hp saya rusak cara pembayaran biaya perbaikan..

    ReplyDelete
  7. Mau tanya mas ini kan saya sudah lewat masa berlakunya 6 bulan dari awal pembelian itu masih bisa di perpanjang tidak ?

    ReplyDelete
  8. gw udah pernah klaim sebelumnya diasuransi ini.. dan emng 3 minggu gw dapet unit baru. kmrn 21 desember gw ngajuin klaim lagi. dan kali ini gw mau berencana ganti ke tipe hape yg lebih bagus. kira2 ada yg pernah belom yaa.. kira2 bisa ga yaa..

    mohon penjelasan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah di setujui blm ka ,saya jg mau ngajuin ,pengn ganti unit baru jg beda tipe hp ,,apa bisa ?

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Trip Ke Hanoi #3 : Halo, Ha Long Bay

[Snack Time!] Tanggo Krafel